Kamis, 28 Oktober 2010

Menambah RAM Dengan Flashdisk


Sebelum anda membaca isi tulisan ini saya memiliki beberapa pertanyaan !

1. Apakah anda memiliki computer yang berjalan lambat ?
2. Apakah computer anda sering hang ?
3. Apakah itu disebabkan karena memori (RAM) yang berkapasitas kecil ?
4. Apakah anda pernah mendengar para teknisi komputer berkata : “jika ingin komputer anda dapat berjalan dengan maksimal upgrade RAM anda menjadi lebih besar” ?
5. Jika “YA”
Silahkan melanjutkan membaca tulisan ini, bukan berarti anda yang tidak pernah mengalami permasalahan seperti pertanyaan diatas tidak boleh membaca (silahkan saja untuk menambah pengetahuan).
Ok kita bahas bersama !!!
RAM (Random Access Memory) memiliki fungsi sebagai motor penggerak membaca data pada hard drive lalu dikirimkan kepada CPU (Central Processor Unit) untuk menjalankan program-program pada komputer. Selain membaca data pada hard drive untuk diteruskan ke CPU yang ada di kompi, RAM juga berfungsi menyimpan cache (data) dari program-program tersebut agar mudah diakses oleh CPU di lain waktu hal ini memungkinkan aplikasi berjalan lebih cepat ketimbang harus mengakses ke hard drive yang memang jauh lebih lambat. Karena kapasitas RAM yang terbatas untuk menyimpan cache sehingga kegiatan pengambilan data pada hard drive selalu terulang terus-menerus. Sedangkan untuk mengakses kembali cache tersebut diperlukan waktu. Agar kompi dapat bekerja dengan maksimal diperlukan ruang penyimpanan cache yang besar di memori. Jadi, tidak salah apa yang dikatakan para teknisi tersebut, yang salah adalah waktu dan kondisi. Karena untuk mengupgrade RAM membutuhkan budget yang tidak sedikit minimal kita harus menyiapkan dana $ 35 untuk RAM 1 GB. Tapi disini saya akan membantu anda mengatasi hal tersebut.

Tentu saja tidak dengan memberikan anda pinjaman uang untuk membeli memori berkapasitas besar tapi mencarikan solusi menambah ram dengan memanipulasi flashdisk yang anda miliki. Atau anda dapat membeli Flashdisk baru dengan budget $ 10 anda sudah dapat memiliki FD berkapasitas 4 GB jauh lebih murah. Memanipulasi kinerja FD seperti RAM tidak bisa kita lakukan secara manual kita membutuhkan bantuan software.
Nama software yang kita butuhkan adalah eBoostr.
eBoostr mempercepat komputer Anda seperti tidak ada program lain yang bisa melakukannya ! Biasanya pusat data (file cache) komputer ada pada hard drive-nya. Ketika dibutuhan untuk mengakses data ini, hard drive mencari secara berurutan sampai data ditemukan.
Proses yang tidak efisien dapat menciptakan loading yang tidak perlu dalam pemuatan program. Walaupun data ini sering diakses, komputer masih harus tetap mencari data yang tidak perlu sampai ditemukan. Peran eBoostr menghilangkan waktu loading berlebihan dengan menghindari proses pencarian yang sangat sulit sekalipun. Tidak seperti pembersih registri, eBoostr menggunakan perangkat keras computer anda untuk meningkatkan kinerjanya. Daripada mencari melalui data, eBooster akan menciptakan buffer cerdas pada Flashdisk Anda sehingga dapat diakses dengan cepat dan mudah. Jadi, flashdisk anda disini dimanipulasi agar dapat menyimpan cache seperti yang dilakukan oleh RAM.

Cara menggunakannyapun cukup mudah
Anda hanya perlu mencolokkan flashdisk pada kompi dan membuka eBoostr, secara otomatis eBoostr akan mendeteksi flashdisk anda.
1. Klik tab edit, pilih add new cache device
2. Pada configurasi yang pilih fd yang akan anda gunakan pada sebelah kiri.
3. Lalu centang use this device for caching dan
4. Setting ukuran flashdisk yang ingin digunakan, misalnya anda memiliki flashdisk 2 GB dan hanya ingin menggunakan setengahnya (1 GB) saja agar sisanya dapat digunakan untuk menyimpan data yang lain.
5. Apply dan Ok selesai !!!!

Update : Maaf, Link Download yang saya siapkan sudah kadaluwarsa silahkan anda cari sendiri di google,




SEMOGA BERMANFAAT !!!!!

4 komentar:

  1. apa kekurangan ma kelebihannya selain faktor finansial jika dibandingkan dengan beli RAM yang asli aj,,

    BalasHapus
  2. Thank Udah mampir,,,,
    Maaf Brooo...jika anda benar2 membaca postingan diatas anda pasti sdh dapat menyimpulkan sendiri.
    Untuk kelebihan selain finansial hanya satu yang dapat saya sampaikan, yaitu anda tidak perlu membongkar komputer, cukup menancapkan fd di Port USB lansung jalan....
    Untuk kekurangan banyak jika dibandingkan RAM asli, lain halnya kalo anda membandingkan dengan software/trik lain mungkin saya bisa menjawab....

    BalasHapus
  3. Nice info gan !
    Kalo boleh tau faktor financial tuh apa ?
    Trus efek sampingnya apa pada kompi kita ?
    Trimakasih,,,

    BalasHapus
  4. untuk mas anonim diatas,
    faktor finansial tuh kira-kira faktor yang menyangkut masalah keuangan, jadi jika anda tidak ada masalah dengan faktor finansial silahkan beli ram baru.
    Efek samping sih sementara ini saya belum menemukan yang sifatnya merusak kompi kita....

    BalasHapus

Silahkan menggunakan kotak komentar ini untuk menyampaikan kritik dan saran ataupun pertanyaan anda mengenai tulisan saya.

Komentar yang Saya indikasi dapat menjurus kepada penghinaan, porno, agama, ras dan antargolongan (sara). Akan saya hapus.

Copy Paste Tulisan Saya ini di izinkan dengan syarat menyertakan link aktif ke Sumbernya.

Menghargai Hasil Pemikiran Seseorang Menyatakan Anda Sebagai Manusia Yang Memiliki Derajat Tinggi.