Jumat, 01 November 2013

Cara Menghapus Cache Indeks Google Pada Blog

Postingan saya kali ini hasil "bongkar-bongkar lemarinya" webmaster tool kemungkinan sangat terkait dengan cara mengatasi postingan blog tidak terindeks google dan sebab / alasan postingan blog tidak terindeks google. Sama halnya dengan browser anda google juga memiliki memori dan daya ingat terhadap blog anda yang akan digunakan sebagai cara mengingat data terkait dengan pencarian keyword yang dilakukan oleh visitor apa sesuai dengan yang ada pada isi blog anda atau tidak. Terkadang kita seringkali mengedit bahkan menghapus isi blog yang sudah kadaluwarsa, tetapi memori google masih menyimpan data dari conten yang kita hapus tersebut biasanya saya sebut cache indeks google.

Cache google anak busur buruk

Anda bisa lihat title baru pada blog saya "ANAK BUSUR" tetapi title lama saya yang bertuliskan "Belajar Bersama" masih kerap muncul dalam pencarian mbah google untuk postingan lama, hal tersebut dipengaruhi akibat vakumnya blog ini hampir 2 tahun sehingga hanya postingan terbaru saja yang terindeks google dengan title "ANAK BUSUR". 

Saya tidak memahami benar pengaruh yang ditimbulkan oleh masalah ini, tetapi yang sedikit saya pahami adalah blog ini ibarat 2 rumah yang memiliki 1 alamat. Bisa saja membuat robot google menjadi bingung dan mengabaikan blog saya dalam penelusuran, alih-alih nanti blog saya dianggap spam. Waaww,,,bisa ditindak ama si Gita Cherry Prabhandhari (Search Quality Associate - Indonesian at Google) hihihihiiiii,,,,,.

Jadi yang perlu anda lakukan adalah memberi tahu google bahwa alamat tersebut sudah tidak falid, agar ditinjau ulang dan diupdate.

Cara memeriksanya seperti dibawah ini :
(ganti alamat anak busur dengan alamat blog anda)

Baik kita lanjutkan dengan cara menghapus cache indeks google pada blog :
  1. Masuk ke halaman webmaster tool log in dengan akun google anda, saya menggunakan versi bahasa Indonesia.
  2. Lalu masuk lagi ke situs atau blog anda yang ingin di olah.
  3. Pilih "Google Indeks" => "Hapus URL"
  4. Lalu klik "Buat permintaan penghapusan baru"
  5. Masukkan "url" yang ingin anda hapus dari cache google lalu klik "Terus"
  6. Pada kolom "Alasan" silahkan anda pilih sesuai keinginan anda selanjutnya "Kirim Permintaan".
    mengatasi cache google pada url


cara menghapus cache google pada blog


Sekarang anda hanya tinggal menunggu google menghapus "url" yang tadi anda masukkan agar tidak muncul kembali pada penelusuran google berikutnya, hal ini terjadi biasanya kesokan hari walaupun tidak semua "url" yang terhapus jadi anda perlu mengulang langkah diatas untuk "url" yang belum terhapus dari penelusuran google.

 Terima Kasih Sudah Membaca
Cara Menghapus Cache Indeks Google Pada Blog




SEMOGA BERMANFAAT !!!!!

3 komentar:

  1. thanks pak ilmunya saya sudah mencobanya...

    BalasHapus
  2. http://www.pusatmesinlaundry99.blogspot.co.id

    BalasHapus
  3. kok saya cmn bisa temporarily ga bisa yang permanen ya mas.

    BalasHapus

Silahkan menggunakan kotak komentar ini untuk menyampaikan kritik dan saran ataupun pertanyaan anda mengenai tulisan saya.

Komentar yang Saya indikasi dapat menjurus kepada penghinaan, porno, agama, ras dan antargolongan (sara). Akan saya hapus.

Copy Paste Tulisan Saya ini di izinkan dengan syarat menyertakan link aktif ke Sumbernya.

Menghargai Hasil Pemikiran Seseorang Menyatakan Anda Sebagai Manusia Yang Memiliki Derajat Tinggi.