Kamis, 09 Juni 2011

Tips Merakit CPU Komputer (PC)

Setelah sebelumnya saya telah menulis sedikit tips memilih sebelum membeli laptop, sekarang saya ingin berbagi tips merakit computer (PC) kita sendiri. Sekitar 8 hari yang lalu saya merakit 6 CPU Komputer client untuk keperluan office dan baru selesai kemarin ( karena malas-malasan hehe….), lalu saya berpikir kan lebih baik clo berbagi ama sobat-sobat dunia maya. Makanya baru sempat nulis nieh…!!!
Emang banyak blogger-blogger lain yang sudah membahas hal ini, tapi setiap penulis pasti berbeda pemikiran, selain itu semakin banyak referensi kan jauh lebih baik dan tinggal para pembaca saja yang memilih dan memilah bahkan menggabungkan setiap tulisan hasil dari pemikiran penulis.
Oke kita langsung aja ke inti dari tulisan ini.

Merakit sebuah CPU computer sebenarnya hal mudah (untuk seorang teknisi), tapi bagaimana bagi mereka yang mengawali pembelajaran tentang computer secara otodidak (salah satunya saya) pasti sangat sulit (pernah saya alami beberapa tahun yang lalu). Nah, untuk memudahkan para sobat saya akan memberikan sedikit gambaran tahapan dalam merakitt sebuah CPU computer sesuai dengan pengalaman yang pernah saya alami.
Sebagai langkah awal sebelum memulai merakit sebuah CPU yang perlu sobat lakukan adalah memikirkan dengan serius untuk apa sobat merakit sebuah CPU computer. Apakah untuk keperluan office, game atau yang lainnya ? karena ini menyangkut spesifikasi dan dana yang akan kita keluarkan.
Setelah para sobat sudah menentukan tujuan merakit computer kita lanjutkan ke tahap berikutnya, yaitu tahap pemilihan komponen :


  • Motherboard
Memilih motherboard harus berhati-hati. Pilihlah motherboard yang sesuai dengan tujuan awal anda merakit computer, karena motherboard ini menentukan jenis perangkat lain yang akan dipasangkan seperti processor, memori, harddisk, VGA Card, dan sbb apakah compatible ato gak. Yang paling penting pilih motherboard yang merupakan revisi terakhir atau versi terbaru yang dibuat dari jenis motherboard tersebut karena pada revisi terakhir atau versi terbaru sudah banyak mengalami penyempurnaan atau perbaikan dari versi sebelumnya.

  • Processor
Pilih processor yang sesuai kegunaan PC yang anda rakit. Jika hanya untuk keperluan office kita cukup memilih processor standart saja bisa intel atau AMD dengan kecepatan 2.0 Ghz. Tetapi jika anda ingin membuat computer untuk gamer bisa memilih processor dengan kecepatan 2.4 Ghz keatas tentunya dengan harga yang lebih tinggi.

  • Memory atau RAM
Seperti yang saya katakan sebelumnya dalam memilih motherboard harus berhati-hati. Pastikan anda memilih memory yang sesuai dengan socket yang terdapat pada motherboard, apakah compatible sama DDR 2 atau DDR 3. Saya merekomendasikan sebaiknya anda memilih memory DDR 3 karena harga yang diberikan pasaran sekarang untuk DDR 3 lebih murah dibandingkan dengan DDR 2, selain itu kecepatan yang ditawarkan pun jauh lebih baik.

  • Harddisk
Jenis harddisk sekarang yang banyak digunakan ada dua ATA dan SATA, dalam memilih harddisk tidak ada sesuatu yang special untuk dipertimbangkan (tidak susah) selain merk dan kapasitas penyimpanan data. Jika hanya untuk keperluan office anda hanya cukup memilih harddisk dengan ukuran 80 Gb tapi jika untuk keperluan gamer anda bisa melirik harddisk dengan kapasitas 160 Gb keatas karena ukuran game sekarang lumayan besar. Untuk merk saya tidak terlalu tahu mana yang paling bagus karena sampai sekarang belum pernah mengalami masalah dengan merk-merk harddisk yang ada dipasaran, jadi untuk merk kembali pada anda yang memilih.

  • Power Supply (PSU)
Pilih PSU yang mendukung Active PFC (Power Factor Correction), yaitu rangkaian khusus yang digunakan untuk mengukur seberapa efisien konsumsi daya listrik. Fungsi PFC adalah meminimal-kan energi listrik yang terbuang sia2. Maksimal ukuran PFC adalah 0,99%.
Over Voltage Protection (OVP), yaitu kemampuan power supply untuk mencegah kerusakan komponen yang terhubung karena adanya lonjakan voltase listrik secara tiba-tiba.
Pastikan juga jumlah pure (watt yang keluar) sama dengan yang tertulis pada spesifikasi PSU (tanyakan kepada penjualnya) karena biasanya ada PSU yang memiliki pure berbeda dengan yang tertera, misalnya : pada PSU tertulis 600 watt, tetapi purenya/watt yang keluar hanya 500 watt. Anda harus jeli dalam memilih karena power supply sangat menentukan kelangsungan kehidupan komponen-komponen lainnya.

  • VGA (Grapic Card)
Untuk PC gamer Grapic Card (VGA) termasuk dalam primary komponen karena bagi gamer sejati kualitas gambar dalam memainkan suatu game memiliki kepuasan tersendiri. Tetapi untuk computer office gak memerlukan Grapic Card (VGA) tambahan.

  • Cooler Fan (heatsink)
Cooler Fan (heatsink) adalah kipas pendingin yang dilengkapi lapisan almunium/tembaga yang terletak di atas processor yang berfungsi untuk mendinginkan processor. Sekarang ini banyak Cooler fan (heatsink) yang ditawarkan dengan kualitas bersaing, tetapi saya sangat merekomendasikan heatsink yang memiliki gabungan antara tembaga dan almunium. Alasannya, tembaga memiliki kemampuan menyerap panas dengan cepat tetapi lambat dalam melepas/membuang suhu panas tersebut sedangkan almunium lambat menyerap panas tetapi cepat untuk melepas/membuang suhu panas. Sehingga perpaduan antara keduanya mempunyai kemampuan yang cukup baik dalam mendinginkan processor.

  • Thermal Compound atau Thermal Pasta
Thermal pasta atau thermal compound merupakan salah satu pelengkap dalam merakit CPU computer byang tidak boleh ketinggalan. Thermal pasta adalah suatu pasta sejenis odol yang berfungsi sebagai penghubung antara processor dan heatsink sehingga panas yang dihasilkan processor dapat terserap dengan baik oleh heatsink. Pilihlah thermal pasta yang berkualitas baik bisa anda tanyakan pada penjual.

  • DVD atau CD
Perangkat ini pun sangat penting untuk dipertimbangkan karena setelah anda selesai merakit computer yang perlu anda lakukan adalah menginstal Operating System (OS) yang berupa kepingan disk kedalam computer baru anda. jika anda bertujuan menggunakan computer untuk office dan membackup data, memutar film dan lain sebagainya pada kepingan disk maka pilihlah DVD-RW atau CD-RW tetapi jika anda tidak memerlukan fungsi membackup data pada kepingan disk anda cukup menggunakan DVD-R atau CD-R.

Mungkin sampai disini dulu, pegal nieh tangan ngetik. Jika ada yang kurang mohon maaf disini saya bukan ingin sok tahu tetapi hanya ingin berbagi pengalaman aja. untuk para master saya bukan ingin melebihi kapasitas anda malah saya ingin menambah wawasan dari kritik dan saran anda.

SEMOGA BERMANFAAT !!!!!

33 komentar:

  1. wow artikelnya luar biasa hebatnya :)

    BalasHapus
  2. biasa aja gan,
    trimakasih kunjungannya.....

    BalasHapus
  3. Bagus artikelnya. Apa sekarang sudah ada DVD-RW untuk Blue Ray ?

    Kalau sempat, mampir ya ke http://akupinginmaju.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. Tentunya sudah ada, hanya harganya masih mahal gan tp itu tergantung juga dari keperluan anda.
    Trimakasih kunjungannya....

    BalasHapus
  5. tipsnya menarik dan boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses

    BalasHapus
  6. boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses

    BalasHapus
  7. dapat tipsnya di website ini, terima kasih, mau dicoba oleh saya.

    BalasHapus
  8. terima kasih, mau dicoba oleh saya.

    BalasHapus
  9. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

    BalasHapus
  10. atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

    BalasHapus
  11. membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

    BalasHapus
  12. Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

    BalasHapus
  13. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  14. Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
  15. banyak Tipsnya. jadi ingin coba. semoga berhasil

    BalasHapus
  16. Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

    BalasHapus
  17. di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus

    BalasHapus
  18. Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu

    BalasHapus
  19. Artikel yang sangat berguna,terutama Tipsnya sangat membangun. boleh dicoba.

    BalasHapus
  20. Tulisan dan Info yang bermanfaat. wajib dicoba. salam sukses selalu.

    BalasHapus
  21. Info menarik, boleh dicoba, Semoga berhasil

    BalasHapus
  22. Artikel yang Amazing dan infonya boleh dicoba. Sukses selalu

    BalasHapus
  23. Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

    BalasHapus
  24. Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba.

    BalasHapus
  25. Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya,

    BalasHapus
  26. Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba.

    BalasHapus
  27. Tipsnya sTipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses angat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

    BalasHapus
  28. Terimakasih banyak atas tipsnya jadi nambah pengetahuan nih, langsung ke tkp

    BalasHapus
  29. Terimakasih gan udah berbagi pengetahuannya ane demen nih.

    BalasHapus
  30. I really enjoy simply reading all of your weblogs. Simply wanted to inform you that you have people like me who appreciate your work. Definitely a great post.
    http://goo.gl/XmZxau
    http://goo.gl/dzpcsw
    http://goo.gl/MWEc45
    http://goo.gl/gEHBz3
    http://goo.gl/B9ncJQ
    http://goo.gl/7q1O1J
    http://goo.gl/Tk79dk

    BalasHapus

Silahkan menggunakan kotak komentar ini untuk menyampaikan kritik dan saran ataupun pertanyaan anda mengenai tulisan saya.

Komentar yang Saya indikasi dapat menjurus kepada penghinaan, porno, agama, ras dan antargolongan (sara). Akan saya hapus.

Copy Paste Tulisan Saya ini di izinkan dengan syarat menyertakan link aktif ke Sumbernya.

Menghargai Hasil Pemikiran Seseorang Menyatakan Anda Sebagai Manusia Yang Memiliki Derajat Tinggi.