Minggu, 16 Januari 2011

Proses Pengolahan Minyak Kelapa Sawit

Pengolahan Minyak dari Daging Buah
Brondolan buah (buah lepas) yang dibawa oleh fruit conveyor dimasukkan kedalam Digester atau peralatan pengaduk. Didalam alat ini dimaksudkan supaya buah terlepas dari biji. Dalam proses pengadukan (digester) ini digunakan uap air yang temperaturnya selalu dijaga agar stabil antara 800 - 900C. 
Setelah massa buah dari proses pengadukan selesai kemudian dimasukkan ke dalam alat pengepresan (scew Press) agar minyak keluar dari biji dan fibre. Untuk proses pengepresan ini perlu tambahan panas sekitar 10% s/d 15% terhadap kapasitas pengepresan. Dari pengepresan tersebut akan diperoleh minyak kasar dan apas serta biji.
Sebelum minyak kasar tersebut ditampung pada crude oil tank harus dilakukan pemisahan kandungan pasir sand trap yang kemudian dilakukan penyaringan ( vibrating screen ). Sedangkan ampas dan biji yang masih mengandung minyak ( oil sludge ) dikirim ke pemisahan ampas dan biji ( depericarper ).
Dalam proses penyarinngan minyak kasar pertsebut perlu ditambahkan air panas untuk melancarkan penyaringan minyak tersebut. Minyak kasar ( crude oil ) kemudian di pompa kedalam decenter guna memisahkan solid dan liquid. Pada fase cair yang berupa minyak air dan masa jenis ringan ditampung pada countnuous setting tank, minyak dialirkan ke oil tank dan pada fase berat ( sludge ) yang terdiri dari padatan terlarut ditampung kedalam sludge tank yang kemudian dialirkan ke sludge salanceparator untuk memisahkan minyaknya.
Proses Pemurnian Minyak

Minyak dari oil tank kemudian dialirkan ke oil purifer untuk memisahkan kotoran / solid yang mengandung kadar air. Kemudian melalui sarvo balance, maka minyak sawit dipompakan ke tangki timbun ( oil storege tank ).






Proses Pengolahan Inti Sawit
Ampas kempa yang terdiri dari biji dan serabut dimasukkan kedalam depericaper melalui cake brake conveyor yang dipanaskan dengan uap air agar sebagian kandungan air dapat diperkecil, sehingga press cake terurai dan memudahkan proses pemisahan. Pada depericaper terjadi proses pemisahan fibre dan biji. Pemisahan tejadi akibat perbedaan berat dan gaya isap blower. Biji tertampung pada nut silo yang dialiri dengan udara panas antara 600-800C selama 18-24 jam agar kadar iar turun dari sekitar 21% menjadi 4%.
Sebelum biji masuk kedalam nut craker terlebih dahulu diproses di dalam nut garding drum untuk dapat dipisahkan ukuran besar kecilnya biji yang disesuaikan denga fraksi yang ditentukan. Nut garding kemudian dialirkan ke nut craker sebagai alat pemecah. Masa biji pecah dimasukkan dalam dry seperator ( proses pemisahan debu dan cangkang halus ) untuk memisahkan cangkang halus, biji utuh dengan cangkang/inti. Masa cangkang bercampur inti di alirkan masuk ke dalam hydro cyclone untuk memisahkan inti dengan cangkang. Inti dialirkan masuk kedalam kernel drier untuk proses pengeringan sampai kadar air mencapai 7% dengan tingkat pengeringan 500, 600, dan 700C dalam waktu 14-16 jam. Selanjutnya guna memisahkan kotoran, maka dialirkan melalui winnowing kernel ( kernel storage ) sebelum di angkat dengan truk ke pabrik pemproses berikutnya.
Untuk mendapatkan mutu minyak CPO yang baik, maka mutu tandan yang di olah harus berdasarkan kriteria kematangan yang optimal.pada kondisi kandungan minyak dalam TBS relatif tinggi dengan kadar garam asam lemak bebas (FFA) yang rendah. Pada tandan buah yang masih mentah kandungan minyak CPO sangat rendah. Sedangkan bila TBS terlalu matang maka kualitas minyak menjadi rendah karena kadar asam lemak bebasnya tinggi. Untuk mendapatkan jumlah dan kualitas minyak CPO yang baik, maka di butuhkan di koordinasi yang baik antara permanen, pengawas lapangan, bagian fraksi dan staf pabrik. Tandan buah segar yang telah dipanen harus segera ditangani dan di usahakan secepatnya diproses dalam pabrik.

Proses Pengolahan dan Pemanfaatan Limbah Kelapa Sawit (Bersambung di halaman selanjutnya)



SEMOGA BERMANFAAT !!!!

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan menggunakan kotak komentar ini untuk menyampaikan kritik dan saran ataupun pertanyaan anda mengenai tulisan saya.

Komentar yang Saya indikasi dapat menjurus kepada penghinaan, porno, agama, ras dan antargolongan (sara). Akan saya hapus.

Copy Paste Tulisan Saya ini di izinkan dengan syarat menyertakan link aktif ke Sumbernya.

Menghargai Hasil Pemikiran Seseorang Menyatakan Anda Sebagai Manusia Yang Memiliki Derajat Tinggi.