Senin, 21 Maret 2011

Istilah Dalam Pertambangan (Q)

Quality
kualitas, yaitu tingkat atau tolok ukur yang menentukan penerimaan batubara dalam pasar, pemanfaatannya maupun untuk proses selanjutnya. Kualitas terkait erat dengan peringkat, kimia dan fisiknya. Kualitas batubara secara keseluruhan tergantung kepada unsur-unsur penentu manfaatnya, unsur-unsur pengotor (pengganggu) serta sifat-sifat fisiknya. Selanjutnya batubara layak tambang dan kemampujualnya di pasar dalam negeri serta manca-negara merupakan faktor penentu pengembangan endapan batubara yang juga akan merujuk kepada kualitas batubara yang tinggi, rata-rata atau rendah.

Quantity
jumlah atau tonase batubara yang umumnya dinyatakan dalam besaran (unit berat) metrik ton. Secara umum quantity adalah keadaan batubara yang dapat diukur atau diperkirakan jumlahnya, berat, isi, ukuran dan posisinya.

Quantum theoryteori kuantum, yaitu hipotesa tentang kemampuan atom yang dilepaskan tidak secara terus menerus pada proses radiasi energi elektron dengan jumlah tidak tertentu.

Quarry
sama dengan kuari (lihat kuari).

Quarrying
proses penambangan (ekstraksi) batuan yang digunakan untuk bahan industri, bangunan dan jalan.

Quartering
pengurangan jumlah conto batubara dengan membagi conto menjadi empat bagian yang sama. Quartering biasanya dilakukan di lapangan atau dilaboratorium beberapa kali untuk memperoleh berat conto yang diinginkan mewakili conto dalam jumlah besar.

Quartenary
masa (peride) akhir dan sekarang dan sekarang dari usia geologi yang dimulai dari sekitar satu juta tahun yang lalu. Disebut juga zaman es.

Quota
jatah produksi atau pemasaran yang ditentukan oleh pemerimtah, atau organisasi yang diakui atau sesuai peraturan ataupun yang ditetapkan oleh pimpinan perusahaan.

SEMOGA BERMANFAAT !!!!!

sumber: senyawa.com

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan menggunakan kotak komentar ini untuk menyampaikan kritik dan saran ataupun pertanyaan anda mengenai tulisan saya.

Komentar yang Saya indikasi dapat menjurus kepada penghinaan, porno, agama, ras dan antargolongan (sara). Akan saya hapus.

Copy Paste Tulisan Saya ini di izinkan dengan syarat menyertakan link aktif ke Sumbernya.

Menghargai Hasil Pemikiran Seseorang Menyatakan Anda Sebagai Manusia Yang Memiliki Derajat Tinggi.