Rabu, 01 Desember 2010

Mengamankan File Penting Dari Ancaman Virus

Satu hal yang perlu anda tahu, Saya bukan orang IT yang cerdas semua yang saya tulis berdasarkan pengalaman dan hasil utak-atik kompi sendiri.

Pernah mendengar pepatah lama mengatakan seperti ini "Sedia Payung Sebelum Hujan". Mungkin ini kata yang tepat untuk menggambarkan postingan saya kali ini.

Banyak para pengguna kompi ber OS windows selalu khawatir jika kompinya terserang virus, kekhawatiran tersebut dikarenakan dalam kompinya itu banyak data/file yang penting. Banyak cara yang dilakukan para user agar file penting tersebut aman dari serangan virus mulai dari memasang antivirus (bisa juga tanpa antivirus) sampai memindahkan file tersebut ke tempat lain (harddisk eksternal).

Apakah menurut anda usaha tersebut sudah cukup maksimal ?
Jika "ya" silahkan lewati tulisan ini.....


Kali ini saya akan berbagi salah satu trik mengamankan file master software atau document berekstensi *.exe, *.doc/*.docx, *.ppt/*.pptx dan sebagainya agar aman dari serangan virus yang dapat merusak bahkan menghapus file-file tersebut. Trik ini dilakukan sebelum kompi anda terserang virus.

Tertarik untuk mengetahui, silahkan lanjutkan membaca.....
Memang virus sudah berkembang dengan sangat pesat mungkin saja cara ini bisa kebobolan, yang kita lakukan disini hanya meminimalisir kerusakan seperti halnya bencana alam gunung merapi yang meletus baru-baru ini. Lah....kok melenceng ke gunung merapi segala hehehehe....

Oke, sekarang kita mulai melakukan trik ini.
Caranya :
  1. copy semua file yang ingin di amankan berdasarkan kelompoknya masing-masing. (Misalnya File berekstensi *.exe kedalam folder exe dan *.doc kedalam folder doc).
  2. Masuk kedalam folder exe dan tekan Ctrl+A (tandai semua).
  3. Lalu klik kanan pada salah satu file pilih properties.
  4. Lihat pilihan paling bawah Attributes centang read only
  5. Lakukan cara 1-4 ke folder lain yang ingin di amankan.
  6. Bisa juga setiap folder anda bekukan menjadi RAR atau ZIP.

Note : yang di klik kanan file yang ditandai jangan foldernya...

Mudah kan....
Walaupun mudah hal ini tak terpikirkan oleh pengguna kompi yang awam......



SEMOGA BERMANFAAT !!!!!



Convert your Canadian traffic into Cash. Up to 20$ per sign up. Check it out!

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan menggunakan kotak komentar ini untuk menyampaikan kritik dan saran ataupun pertanyaan anda mengenai tulisan saya.

Komentar yang Saya indikasi dapat menjurus kepada penghinaan, porno, agama, ras dan antargolongan (sara). Akan saya hapus.

Copy Paste Tulisan Saya ini di izinkan dengan syarat menyertakan link aktif ke Sumbernya.

Menghargai Hasil Pemikiran Seseorang Menyatakan Anda Sebagai Manusia Yang Memiliki Derajat Tinggi.