Jumat, 06 Mei 2011

Tips Memilih Sebelum Membeli Laptop

Pada zaman sekarang ini memiliki laptop seperti sebuah keharusan untuk mengikuti perkembangan zaman dan yang utama untuk menunjang/mendukung pekerjaan yang sedang kita lakukan. Banyak orang terkadang merasa kecewa dengan laptop yang dimiliki sesudah memakai beberapa waktu lamanya karena tidak sesuai dengan yang di inginkan. Terkadang juga kebingungan memilih karena banyak sekali laptop-laptop yang ditawarkan dengan berbagai variasi merek (axioo, acer, toshiba) , tipe, dan kelebihan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum anda
memutuskan untuk membeli laptop sebagai sahabat anda dalam bekerja adalah sebagai berikut:

  • Spesifikasi Laptop
Sebelum membeli laptop sebaiknya anda memikirkan benar spesifikasi yang anda inginkan, misalnya anda ingin membeli laptop untuk keperluan office anda cukup membeli laptop standart dengan Processor dan VGA standart pula agar tidak memakan dana yang besar atau sebaliknya anda menginginkan laptop yang mampu memainkan game dengan spesifikasi tinggi seperti processor AMD dan VGA Nvdia atau ATI Radeon. Jangan sampai nantinya anda kecewa dikemudian hari karena spesifikasi laptop anda tidak sesuai dengan yang diinginkan pikirkn tujuan awal anda membeli sebuah laptop. Sebagai referensi anda bisa mencari spesifikasi laptop sesuai kebutuhan anda di internet dengan bantuan Mr.google.
  • Garansi dan Non-garansi atau Black Market (BM)
Jangan membeli Laptop yang black market (BM), karena resikonya sering terjadi laptop tersebut dirakit dengan menggunakan perangkat yang tidak original yang menyebabkan pendeknya umur sebuah laptop karena kerusakan salah satu komponen. Bahkan walaupun bisa diperbaiki biasanya permasalahan selalu menjalar ke komponen lain. Terkadang anda penjual curang yang menjual barang BM dan mengatakan bahwa barangnya original kepada pelanggan yang tidak tahu apa-apa, Untuk memastikan bahwa laptop tersebut original atau BM yang perlu diperhatikan adalah segel berhologram berwarna emas/perak yang terletak dibelakang/dibawah dekat penutup memori laptop. Biasanya hanya laptop original yang memiliki segel berhologram tersebut. Apabila anda diberi penjual laptop dengan segel hologram, tetapi warnanya sudah mulai pudar/buram dan harga murah itu patut dicurigai. silahkan anda minta tukar dengan laptop yang lain apabila penjual kembali berkata "laptop ini tinggal satu-satunya" sudah bisa dipastikan jika laptop tersebut adalah barang Black Market (BM).

  • Kondisi Fisik
Periksalah kondisi luar maupun dalam laptop apakah masih dalam keadaan baik dan yang terpenting tidak cacat. Hal tersebut untuk memastikan apakah laptop tersebut pernah terjatuh saat pengiriman ataupun pernah diperbaiki (servis). Perhatikan kondisi LCD apakah masih dalam keadaan baik atau sudah buram, juga periksa keoriginalannya. Setelah anda memeriksa kondisi laptop, maka selanjutnya hidupkan laptop (jika sudah terinstal OS nya), coba semua tombol-tombol pada keypad apakah ada yang macet ataupun malah tidak berfungsi. Cobalah menekan sembarang tombol angka pada keypad sebanyak mungkin dan pastikan laptop tidak hang/error. Lalu pastikan fungsi-fungsi pada menu semua berfungsi dengan baik, misalnya: suara, sinyal wireless, bluetoth dan lain-lain.

  • Service Center dan Sparepart
Sebaiknya anda memilih laptop yang memiliki jaringan servis yang banyak, hal ini mempermudah anda dalam memperbaiki kerusakan yang mungkin terjadi saat anda menggunakan laptop tersebut, demikian juga dengan ketersediaan suku cadang/sparepart ataupun aksesori laptop yang lengkap.

  • Dana
Satu hal yang paling penting dalam memilih laptop adalah menyesuaikan dengan kebutuhan spesifikasi dan dana yang tersedia. Sebelum melakukan penawaran sebaiknya anda mengetahui harga baru laptop tersebut di pasaran online, jika perlu bandingkan harga penawaran laptop disalah satu toko dengan harga di toko lain untuk mendapatkan harga yang bersahabat tentunya dengan memperhatikan beberapa poin yang sudah saya jelaskan diatas.

  • Konsultasi

Sebelum membeli sebuah laptop ada baiknya anda konsultasikan spesifikasi laptop yang anda butuhkan terlebih dahulu dengan keluarga, teman, atau teknisi yang lebih berpengalaman dari pada anda. untuk mendapatkan saran lebih lanjut. Jika anda langsung pergi ke toko pasti anda tidak akan mendapatkan penjelasan yang akurat dan mudah dipahami karena semua penjual selalu mengatakan barangnya bagus.
SEMOGA BERMANFAAT !!!!!

20 komentar:

  1. artikel anda sangat membantu saya

    BalasHapus
  2. Terima kasih untuk tipsnya, saya mau coba semoga juga.

    BalasHapus
  3. dapat tipsnya di website ini, terima kasih, mau dicoba oleh saya.

    BalasHapus
  4. Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

    BalasHapus
  5. Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

    BalasHapus
  6. tulisannya menarik juga. Saya akan coba

    BalasHapus
  7. aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

    BalasHapus
  8. Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

    BalasHapus
  9. Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

    BalasHapus
  10. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  11. Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
  12. Artikel yang sangat Innovatif dan banyak Tipsnya. jadi ingin coba. semoga berhasil

    BalasHapus
  13. Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

    BalasHapus
  14. Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  15. Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

    BalasHapus
  16. Amazing Artikel yang sangat berguna,terutama TipsnyAmazing Artikel yang sangat berguna,terutama Tipsnya sangat membangun. boleh dicoba. a sangat membangun. boleh dicoba.

    BalasHapus
  17. Terimakasih Tulisan dan Info yang bermanfaat. wajib dicoba. salam sukses selalu.

    BalasHapus
  18. Tips dan Info menarik, boleh dicoba, Semoga berhasil

    BalasHapus
  19. Setelah membuka Wibesite ini, saya menemukan Artikel yang Amazing dan infonya boleh dicoba. Sukses selalu

    BalasHapus

Silahkan menggunakan kotak komentar ini untuk menyampaikan kritik dan saran ataupun pertanyaan anda mengenai tulisan saya.

Komentar yang Saya indikasi dapat menjurus kepada penghinaan, porno, agama, ras dan antargolongan (sara). Akan saya hapus.

Copy Paste Tulisan Saya ini di izinkan dengan syarat menyertakan link aktif ke Sumbernya.

Menghargai Hasil Pemikiran Seseorang Menyatakan Anda Sebagai Manusia Yang Memiliki Derajat Tinggi.