Jumat, 29 April 2011

Mencegah Virus Menyerang Komputer Melalui Flashdisk

Lama juga nieh tidak menulis seputar windows, tulisan ini juga berdasarkan kejadian seminggu yang lalu dimana komputer client terserang virus yang menular dari media flashdisk. Memang flashdisk adalah salah satu media transfer data yang tidak bisa dipisahkan dari komputer atau laptop, tapi flashdisk juga menjadi media penghantar file virus untuk berpindah dari komputer satu ke komputer yang lain.
Banyak cara dilakukan seorang user untuk mencegah penularan virus dari flashdisk dengan menscan flashdisk sebelum digunakan, ada juga yang memasang antivirus khusus flashdisk bahkan sampai menonaktifkan autorun/autoplay pada windows. Tetapi masih saja virus dapat menyerang komputer.

Bagaimana virus dapat menyerang komputer anda ?
  • Virus dapat menyerang komputer apabila virus tersebut tergolong baru dan tidak dikenali antivirus anda.
  • Virus dapat menciptakan file autorun.inf sendiri yang dapat digunakan mengaktifkan dirinya walaupun autorun/autoplay windows sudah dimatikan/disable.
Lalu apakah kita harus pasrah tentu saja tidak, kita tetap harus berusaha lebih pintar dari pembuat virus.
Setelah saya amati berbagai virus yang saya temui cara kerjanya selalu menggunakan autorun.inf untuk mengaktifkan dirinya hal ini bisa di atasi dengan menonaktifkan autorun/autoplay windows, tetapi bagaimana jika virus dapat menciptakan autorun.inf sendiri sehingga dia tidak memerlukan autorun/autoplay windows untuk berjalan.

Bagaimana cara mengatasinya ?

kali ini saya akan share trik yang saya gunakan untuk mengamankan flashdisk dari kontaminasi virus.
Trik ini sudah saya gunakan selama beberapa bulan dan cukup ampuh.
Baik kita mulai, cara yang kita lakukan adalah membuat autorun.inf sendiri dan menyimpannya didalam flashdisk.
1.buka notepad yang ada pada windows lalu ketik

@virus=no
@autorun.inf=off
随身碟病毒
儿童

2.save dengan nama autorun.inf

3.jika sudah klik kanan pada file autorun.inf yang kita buat tadi klik properties centang read-only.
Dengan mencentang read-only membuat file tersebut tidak bisa diubah atau diganti oleh virus sehingga virus tidak dapat membuat file autorun.inf untuk mengaktifkan dirinya karena windows tidak mengizinkan dua file bernama/berekstensi sama.
Yang perlu diingat sebagian antivirus menganggap file autorun.inf yang kita buat adalah sebuah virus itu bukan masalah, anda cukup mengabaikan perintah untuk menghapus file tersebut.
Jika anda sedikit kesulitan membuat file autorun.inf saya sudah menyediakan file yang sudah siap digunakan jadi anda tinggal mengunduh lalu memasukkannya kedalam flashdisk.

download : autorun.inf

Note:
ingat pastikan file autorun.inf yang anda buat sudah tercentang read-only pada properties.



SEMOGA BERMANFAAT !!!!!

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan menggunakan kotak komentar ini untuk menyampaikan kritik dan saran ataupun pertanyaan anda mengenai tulisan saya.

Komentar yang Saya indikasi dapat menjurus kepada penghinaan, porno, agama, ras dan antargolongan (sara). Akan saya hapus.

Copy Paste Tulisan Saya ini di izinkan dengan syarat menyertakan link aktif ke Sumbernya.

Menghargai Hasil Pemikiran Seseorang Menyatakan Anda Sebagai Manusia Yang Memiliki Derajat Tinggi.