Sabtu, 09 November 2013

GARA-GARA MODEM KADALUWARSA LAPTOP JADI ERROR

Modem rusak dapat menyebabkan laptop error
Beberapa hari lalu saya pergi menginap dirumah om yang beda kota untuk menyelesaikan pekerjaan sambil jalan-jalan,,,,,,wkwkwkwkkk. Karena baru tiba saya pergi keberanda rumah untuk menikmati minuman yang telah disediakan sambil duduk-duduk nyantai. Tidak lama berselang kakak sepupu saya pulang kerumah langsung menuju kekamarnya dan keluar lagi sambil mengeluarkan sebuah modem lama yang pada body bertuliskan at&t dari kantongnya, entah kapan dibelinya. Sembari menyapa saya, sambil lalu "apa dibikin ?" "nyantai aja" jawab saya.

Kemudian dia instal modem tersebut di laptop kesayangannya yang masih berwindows XP, tak lama berselang dia berkata "laptop q ini sudah minta instal ulang, errornya banyak betul". selanjutnya "coba kamu instal modem ini di laptop kamu" berkata kepada saya. Bilangnya sih masih bagus dan berhubung saya adalah orang yang baik hati (cieh muji diri sendiri), tanpa memperhatikan kiri-kanan (emang mau nyebrang jalan) saya langsung instal tuh modem di laptop saya yang berwindows 7 hingga selesai. Seperti biasa pada tahap akhir proses instalasi software selalu meminta restart karena ada penambahan hardware baru, sesuai prosedur saya mengizinkan proses tersebut.

Setelah restart dan masuk pada tampilan windows 7 tanpa diundang pesan error secara beruntun muncul di layar, ya saya coba close saja semua pesan error tadi kemudian saya mencoba menjalankan software modem untuk ngetes. Ternyata modem terdetect tetapi tidak bisa menangkap sinyal dari jaringan GSM yang ada, jadi saya simpulkan modem ini sudah kadaluwarsa (usang dan rusak). 

Saya berkata pada kakak, "berarti laptop kakak tadi gak error setelah instal modem ini baru error" dengan santai dia menjawab "iya" dalam hati saya berkata "kasian mereka yang gak tau seperti kakak saya, pasti kebingungan sampai mau instal ulang laptop segala padahal cuma gara-gara modem kadaluwarsa ini laptop jadi error". Setelah mengetahui bahwa modem itu rusak dan penyebab error yang terjadi, saya langsung uninstal/hapus software modem tadi. Setelah proses penghapusan selesai, pada tahap akhir kembali meminta restart. Kemudian laptop saya menyala kembali sampai pada tahap memasukkan password komputer tampak normal, setelah saya memasukkan password dan loading, terjadi hal yang tidak biasa. Loading terasa sangat lama dan tampilan windows 7 tidak jua kunjung muncul seperti harapan saya, malah saya dikagetkan dengan suara windows 7 yang mengisyaratkan telah terjadi kesalahan dengan bersamaan munculnya pesan error "userinit not work" dan sebagainya (saya tidak sempat mengingat tulisan dan mengambil gambar). Kemudian saya coba restart sekali lagi, "Alhamdulillah" (kata umat muslim), "Puji Tuhan" (kata umat kristiani), "Namo Buddhaya" (kata umat buddha) masih belum bisa masuk juga dan saya mulai khawatir, jika di kalkulasikan sebesar 30%.

Saya masih dalam kondisi tenang dalam mengatasi hal ini, pikir saya dalam hati "masih bisa diatasi melalui SAFE MODE untuk menyelesaikan masalah ini". Kemudian saya melakukan restart untuk kesekian kali, saat melewati booting bios saya lalu menekan F8 untuk masuk SAFE MODE. Bukannya berkurang, disini kekhawatiran saya malah bertambah menjadi 80%  karena jendela SAFE MODE juga ikut-ikutan ditutup alias tidak bisa masuk SAFE MODE. Serasa mau banting ini laptop tapi sayang gak bisa beli lagi dalam waktu dekat (masih mikir-mikir juga,,,heheheee).

Pikir saya "mana gak ada teman sesama penghoby komputer disini, kerjaan belum selesai dengan klien besok pagi, bisa habis disemprot bos saya nanti". Yang parahnya lagi saya tidak ada membawa laptop cadangan, kaset instal ulang dan perlengkapan lainnya hanya flashdisk yang berisi data kerjaan. Saya mencoba tenang dan berfikir, walaupun perasaan dalam hati meringis sedih dan mulai menyalahkan kakak sepupu saya, gara-gara dia ini laptop jadi error. Tapi tak apalah dia juga tidak tau akan seperti ini dan biarlah yang sudah terjadi menjadi pengalaman, tidak ada yang perlu disalahkan (sok bijak,,,heheheee).

Kemudian saya coba restart lagi secara normal, Alhamdulillah, Puji Tuhan, Namo Buddhaya pesan error sudah kembali dari tidur alias masih muncul, dengan harapan yang tersisa 20% saya mencoba menekan tombol "CONTROL+ALT+DEL" untuk menjalankan task manager tetap tidak bisa, saya coba lagi menekan tombol "WINDOWS+R" menjalankan menu "RUN" akhirnya mau terbuka menurut saya ini suatu permasalahan yang sungguh aneh "TASK MANAGER" tidak bisa terbuka tetapi menu "RUN" bisa. Biarlah pikir saya yang penting "RUN" mau jalan, cepat-cepat saya mencari file Explorer yang ada di folder C:Windows/ dan menjalankannya, Alhamdulillah, Puji Tuhan, Namo Buddhaya akhirnya tampilan windows 7 saya yang cakep bisa muncul dan wajah saya berseri-seri bahagia (menanggapi dengan dramatis,,,hahaaaa) kekhawatiran saya menurun menjadi 50%.

Walaupun bisa masuk windows pesan error masih muncul beruntun bahkan dua kali lipat lebih banyak dari sebelum saya hapus software modem tadi. Saya lalu mencoba aplikasi dari BANK MANDIRI yang akan digunakan untuk persentase besok bersama klien ternyata tidak bisa terbuka, saya coba membuka firefox, word, pemutar musik dan video juga tidak bisa, kekhawatiran saya kembali meningkat menjadi 90%. Gawat percuma bisa masuk windows tetapi software gak bisa jalan, tapi dengan harapan 10% saya masih bisa menyelamatkan laptop, karena saya masih memiliki "SYSTEM RESTORE". 

Kemudian saya mencoba menjalankan system restore, command prompt, dll, kekhawatiran saya mencapai puncaknya menjadi 99% karena system restore, command prompt, dll, pun tidak bisa dijalankan pikir saya "hanya tertinggal 1% harapan nieh, selebihnya menuju keputus asaan". Sudah pasrah rasanya biar aja dah besok dinyanyikan lagu kecewa ama bos.

Saya lihat, kakak juga menghapus program tersebut di laptopnya tetapi tidak terjadi hal yang sama. Laptopnya tetap baik-baik saja, penghapusan program tidak menyebabkan gagal booting, kondisi normal hingga tampilan windows xp hanya error yang sama banyaknya tetapi semua masih berfungsi jadi saya masukkan dalam skala ringan.

Benar kata orang-orang, "Tuhan tidak pernah meninggalkan umatnya yang sedang dalam kesusahan asalkan mau berusaha". Datanglah adik sepupu saya dari kota sebelah untuk menengok om dan tante walaupun sekedar menanyakan kabar kebetulan dia pun membawa laptop yang telah tertanam windows 7 ultimate sama dengan milik saya. Langsung dah saya pinjam laptop dia buat buka program dari bank mandiri, ternyata tidak bisa saya lalu teringat kata teknisi dari bank mandiri, "akun perusahaan ini hanya bisa diakses melalui laptop anda jadi komputer lain tidak bisa, untuk menjaga keamanan akun perusahaan anda diakses melalui komputer lain".
Tetap merana hati saya, mana bank madiri besok pagi baru buka bisa gak sempat jika mau dipasang ulang.

Akhirnya saya coba mengamati dengan seksama sekali lagi melihat bagian yang error pada laptop saya. Ternyata bagian yang error ada pada file "USERINIT" yang berada pada "C:\Windows\System32" entah bagaimana software modem mempengaruhi file ini, jadi saya coba aja copy file tersebut dari laptop si adik dan menimpanya ke laptop saya. Kemudian melakukan restart lagi, hasilnya komputer saya dapat booting dengan normal tetapi masih banyak error yang bermunculan. Hal yang sama juga saya lakukan untuk memperbaiki command prompt dan lainnya hingga semua software dapat berjalan normal. Disini saya sudah mendapatkan kelegaan walaupun masih ada problem seperti kamera yang tidak berfungsi.

Akhir cerita ke esokan harinya saya melakukan presentasi dihadapan klien dengan sukses tanpa ada gangguan, kecuali suara "Ting" pesan peringatan kamera error muncul yang kemudian saya katakan pada klien clo itu pesan kita disuruh minum dulu sebelum melanjutkan haaaahaaaahaaa....

Itulah pengalaman saya beberapa hari yang lalu kiranya dapat menjadi cerita yang bermanfaat bagi anda para pembaca. Pesan yang dapat saya sampaikan "walaupun hanya 1% kesempatan itu tetaplah sebuah kesempatan, jangan pernah menyerah berusaha walaupun gagal yang penting usaha terbaik yang harus kita lakukan".






SEMOGA BERMANFAAT !!!!!

1 komentar:


  1. wah info yang anda berikan sungguh berguna sekali,makasih yah saya jadi terbantu
    dengan ada nya ini bakalan saya share deh! makasih :)
    Jual Poster A3
    Maenbos News

    BalasHapus

Silahkan menggunakan kotak komentar ini untuk menyampaikan kritik dan saran ataupun pertanyaan anda mengenai tulisan saya.

Komentar yang Saya indikasi dapat menjurus kepada penghinaan, porno, agama, ras dan antargolongan (sara). Akan saya hapus.

Copy Paste Tulisan Saya ini di izinkan dengan syarat menyertakan link aktif ke Sumbernya.

Menghargai Hasil Pemikiran Seseorang Menyatakan Anda Sebagai Manusia Yang Memiliki Derajat Tinggi.