Senin, 24 Januari 2011

Potensi dan Manfaat Tanaman Kapas


Pemanasan global sudah tidak dapat dihindari lagi jika aktivitas didalam bumi sendiri yang memicu pemanasan global tidak di hentikan. Salah satu contoh pemicu pemanasan global adalah kegiatan penambangan batubara yang menyebabkan berkurangnya tumbuhan sebagai penetralisir zat karbon. Semakin maraknya kegiatan penambangan oleh perusahaan yang memiliki modal itu tidak urung dari keuntungan yang menggiurkan, mengapa ? karena hitungan perbandingan dari hasil yang diperoleh adalah berkisar 30 : 70 dimana 30 untuk pemerintah dan 70 untuk perusahaan yang menggali, berbanding terbalik dengan bahan minyak dan gas alam dimana 70 untuk pemerintah dan 30 untuk perusahaan tersebut yang mengolah. Informasi ini saya dapat dari teman saya yang pernah PKL di salah satu lembaga yang membantu untuk membuat izin untuk perusahaan pertambangan. Jadi, wajar bila pemerintah menggalakkan program untuk menggunakan gas sebagai bahan bakar untuk di dapur rumah tangga selain harganya yang murah, cadangannyapun masih cukup banyak.

teen
Tapi disini kita bukan membahas masalah pertambangan tersebut, kita akan sedikit belajar bahwa banyak cara untuk mendapatkan untung dari kegiatan pertanian/perkebunan yang tentunya lebih ramah lingkungan.

Salah satu contoh tumbuhan disekitar kita yang memiliki potensi ialah kapas. Tumbuhan ini disebut sebut sebagai salah satu tumbuhan serbaguna. Memang benar ! dalam kehidupan sehari hari, kita tidak terlepas dari kapas. Tumbuhan ini disebut tanaman industry dan perdagangan.
Tujuan utama orang menanam kapas ialah ingin memetik bulunya. Bulu ini warnanya putih bersih. Nah, bulu ini yang banyak manfaatnya bagi manusia. Menurut sejarahnya, kapas sudah lam sikenal orang. Dimesir. India dan china sudah berabad abad yang lalu dikenal. Kapas dikenal sebagai bahan pembuat kain. Dinegara kita kapas pernah juga ditanam oleh penjajah untuk kepentingan penjajah itu sendiri. Namun, hasilnya tidak memuaskan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor penyebabnya, antara lalin karena tidak ditekuni.
Kini, pemerintah bertekad ingin menggalakan kembali penanaman tanaman perdagangan ini. Apakah manfaat kapas itu bagi kita ? perlu diketahui, bahwa kapas yang dipakai ialah jenis kapas yang termasuk golongan A.
Beberapa manfaat kapas antara lain ;

1. Untuk dibuat benang Benang bayak manfaatnya dalam kehidupan kita sehari hari. Dengan benang, kebutuhan jahit menjahit bisa tercukupi.
Bagaimana cara membuat benang ?
Kapas yang sudah terbentuk seperti buku buku tebal itu diperoses dalam pabrik pemintalan. Dari sini dihasilkan benang dengan bermacam macam jenis ukuran serta warnanya. Pada mesin, segalanya itu tidak merupakan suatu kesulitan. Tinggal menekan tombol sesaui dengan yang dikehendaki, memang amat praktis.    

2. Untuk dibuat kain
Benang yang dihasilkan dari pemintalan sidah siap untuk ditenun menjadi kain. Biasanya, sebuh pabrik pemintalan, sudah siap dengan bermacam macam mesin pemrosesan. Sejak dari membuat benang, membuat ukuran, memberi warna, sampai menjadi kain yang siap untuk dipasarkan.

Untuk mencukupi kebutuhan benang serta sandang dibeberapa tempat berdiri pabrik pabrik pemintalan kapas. Di kartasura ( jawa tengah ), berdirilah pabrik dengan nama : PT Typountrex Indonesia. Di teras, boyolali ( jawa tengah ), berdiri pula PT sari warna asli. Sedangkan, di salatiga ( jawa tengah ), bernama : PT Damatex. Selain itu, di beberapa kota lain masih banyak. Di secang, di banjar, di Jakarta, masing masing berdiri megah dengan menghasilakn bahan yang sama.
Dengan berdirinya pabrik-pabrik ini berarti banyak dibutuhkan tenaga kerja. Hal ini merupakn peran serta pihak swasta dalam usahanya membantu pemerintah mengurangi pengangguran.

3. Sebagai pembalut luka
Dirumah sakit banyak dibutuhkan kapas untuk membalut luka dan keperluan lain. Cobalah berkunjung ke rumah sakit dan tanyakan kepada pihak gudang, berapa kotak kapas dibutuhkan setiap hari ? cukup besarkah ? catatlah dalam buku.

4. Untuk merawat kulit
Ibu ibu rumah tangga banyak menggunakan kapas.. kapas digunakan kaum ibu untuk merawat kulit. Mereka megoleskan alat alat kecantikan dengan menggunakan kapas. Makin banyak alat kecantikan yang dipakai, makin bayak kapas yang dibutuhkan.

Nah, sekarang kapas sudah benar-benar disadari manfaatnya. Dari segala lapisan masyarakat, sejak kanak kanak sampai orang dewasa, telah menggunakan jasanya. Saat ini daerah-daerah penghasil kapas antara lain : jepara, kebumen, dan tegal. Kesemuanya ini ada di jawa tengah.
Produksi kapas dari daerah penghasil itu, menurut perhitungan belum memenuhi target. Oleh karena itu, dengan munculnya pabrik pabrik baru, harus diimbangi dengan areal penanaman yang memadai.
Selanjutnya, ayolah kita beramai-ramai bertanam kapas! Bertanam demi kemakmuran bangsa. Demi kepentingan bersama pula. Marilah kita bekerja giat! Marilah kita pakai produksi dalam negeri, berarti cinta tanah air dan negeri.


SEMOGA BERMANFAAT !!!!!

5 komentar:

Silahkan menggunakan kotak komentar ini untuk menyampaikan kritik dan saran ataupun pertanyaan anda mengenai tulisan saya.

Komentar yang Saya indikasi dapat menjurus kepada penghinaan, porno, agama, ras dan antargolongan (sara). Akan saya hapus.

Copy Paste Tulisan Saya ini di izinkan dengan syarat menyertakan link aktif ke Sumbernya.

Menghargai Hasil Pemikiran Seseorang Menyatakan Anda Sebagai Manusia Yang Memiliki Derajat Tinggi.