Selasa, 16 November 2010

Mengganti Sound Windows XP Yang Membosankan


Setiap kali kita menyalakan computer dengan OS Windows XP kita pasti disuguhi dengan nada startup khas windows xp yang dari zaman bahari tidak berubah-ubah. Saya pribadi sudah sangat bosan mendengar nada startup tersebut. Tips ini saya dapatkan tahun lalu ketika salah satu kompi teman saya terserang virus dan menghilangkan nada selamat datang windows tersebut, setelah saya membersihkan virus yang ada dikompi tersebut saya bingung (maklum bukan orang IT) kenapa sound windows nya gak juga mau muncul seperti biasa. Otomatis saya langsung mengecek ke program sound windows ternyata emang semua setingan sound sudah di nonaktifkan oleh virus yang menyerang. Dari situ saya mulai berpikir mengapa gak dicoba mengganti sound windows dengan lagu atau nada yang kita inginkan. Saya lalu memulai melakukan eksperimen (sok seperti ilmuan aja) dengan menggunakan kompi teman, lumayan clo errorkan lain kompi saya (jahat jangan ditiru).
Ingat, saya pertama mencoba mengganti sound dengan lagu biasa berformat MP3 malah gak ketemu, setelah saya amati semua nada yang ada/dapat terlihat pada windows hanya berformat wav dan durasi nada tidak dapat lebih dari 40 detik, untuk merubah format dan memotong nada/lagu bisa menggunakan software untuk membuat nada dering yang ada pada postingan saya bulan lalu.
Ok kita mulai…..!

  • Pertama silahkan anda konversikan file music yang ingin digunakan untuk mengganti nada startup windows, dengan format WAV dan durasi 40 detik.
  • Kedua masuk pada start>control panel> sounds and audio devices.

  • Akan terbuka kotak dialog pengaturan sounds and audio device seperti pada gambar dibawah ini. Klik tab sounds

  • Lirik kebagian bawah pada program events, cari Start Windows dengan menggeser bar pada kanan kotak kebawah.

  • Klik start windows lalu browse maka tab sound windows default akan terbuka silahkan anda cari dimana letak nada/lagu yang ingin anda gunakan untuk menggantikan nada startup windows.

  • Jika sudah ketemu anda bisa mendengarkan nada pilihan anda dengan klik play (segitiga hitam disamping browse), lalu apply> ok.
  • Silahkan restart kompi anda untuk melihat hasilnya.
Bukan hanya nada startup windows yang dapat diganti, nada yang lain seperti shutdown windows (exit windows), nada saat mencolok flashdisk (device connect) atau sebaliknya juga dapat anda ganti.
Selamat menikmati nada baru pada windows anda.

SEMOGA BERMANFAAT !!!!!

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan menggunakan kotak komentar ini untuk menyampaikan kritik dan saran ataupun pertanyaan anda mengenai tulisan saya.

Komentar yang Saya indikasi dapat menjurus kepada penghinaan, porno, agama, ras dan antargolongan (sara). Akan saya hapus.

Copy Paste Tulisan Saya ini di izinkan dengan syarat menyertakan link aktif ke Sumbernya.

Menghargai Hasil Pemikiran Seseorang Menyatakan Anda Sebagai Manusia Yang Memiliki Derajat Tinggi.