Minggu, 07 November 2010

Membagi Partisi Hard Drive Dengan Mudah

Easeus Partition Master 6.5.1


Tulisan ini mungkin tidak terlalu penting, tetapi siapa tahu berguna untuk yang lagi membutuhkan software pembagi partisi. Seperti teman saya yang pernah bertanya, apa sih gunanya kita membagi partisi hard drive menjadi lebih dari satu (C, D dan E bahkan F sampai G) ? spontan saya menjawab “ya jelas perlu untuk menjaga keamanan data atau kita ingin menginstal os lebih dari satu”.
Misalnya kita memiliki satu partisi (hanya C) berarti semua data yang kita miliki terletak pada drive tersebut, otomatis saat menginstal ulang os yang terserang virus kita perlu memformat drive tersebut dan data yang kita miliki pasti akan hilang. Tetapi apabila kita memiliki dua drive (C dan D) maka pada saat menginstal ulang os data yang hilang hanya pada drive C secara umum tempat menginstal OS. Sedangkan data pada drive lain akan aman dan masih banyak lagi kegunaan drive yang dipartisi.


Biasanya untuk membagi partisi kita harus menginstal ulang os windows terlebih dahulu, tapi bagi yang pernah/sering utak-atik Hardisk pasti tidak asing dengan program Partition Magic, software untuk mem-partisi hardisk dengan mudah tanpa install ulang.
Saat ini (sebenarnya sudah agak lama ) ada alternatif gratis yang tidak kalah fiturnya.
Easeus Partition Master Home Edition namanya, tampilannya pun mirip partition magic.
Versi baru ini (Easeus Partition Master 6.0 Home Edition), menambahkan fitur baru agar dapat lebih mengoptimal kinerjanya.
EASEUS Partition Master is a comprehensive partition software, which not only provides with convenient user-interface simplifying your tasks but also enables you to configure and manage partitions of hard drive.
With the help of EASEUS Partition Master, you can create and delete partitions on your hard disk quickly and easily. The most attractive features are that disk copy and partition copy are supported, it can resize/move your partitions by using the free spaces and you can recover deleted/lost partitions.
System Requirements
The OS (operating system) for EASEUS Partition Master 6.5.1 Home Edition requires Windows 2000 Professional SP4 32bit, Windows XP 32bit, Windows Vista 32bit£¬Windows 7 32bit. And there is no program that engrosses the storage device running. To run EASEUS Partition Master, the user must have the administrator privilege.
Supported File Systems/Storage Media/Capacity
FAT12, FAT16, FAT32, NTFS, EXT2 and EXT3 supported IDE, SATA, SCSI, USB removable disk, Firewire disk and removable storage device (flash drive, memory card, etc.) are all supported 2 TB supported.
Main Functions
Here is a main function list about EASEUS Partition Master 6.5.1 Home Edition:
Disk Copy
Partition Copy
Dynamic Volume Copy
Resize/move partitions
Partition Recovery
Create partitions
Delete/(delete all) partitions
Label partitions
Format partitions
Check partitions
Partition scheme
Explore partitions
Convert FAT to NTFS
Convert Primary to Logical
Convert Logical to Primary
Wipe partition
Wipe disk
Intinya fungsi dari.fitur-fitur Utama Easeus Partition Master :
* Mengubah ukuran partisi (Resize) tanpa menghilangkan data. Untuk memperkecil ukuran partisi, maka harus mempunyai space kosong, sedangkan untuk memperbesar partisi, maka harus ada space kosong di partisi yang ada disampingnya.
* Disk Copy, Fasilitas ini bermanfaat jika kita ingin mengganti hardisk yang berukuran kecil ke hardisk baru yang berukuran lebih besar, tanpa menginstall sistem operasi dan aplikasi yang ada didalamnya.
Mendukung copy sector by sector dan juga copy file by file. Copy file by file akan jauh lebih cepat daripada sector by sector.
Fitur ini dapat djalankan jika ukuran hardisk baru lebih besar atau sama dengan hardisk lama yang ingin dicopy. Jika ukuran lebih besar, maka sisanya bisa di format menyusul. Info lengkap Disk Copy
* Partition Copy, fitur ini hampir sama seperti Disk Copy, hanya saja untuk satu partisi, bukan keseluruhan hardisk.
* Membuat dan menghapus partisi dengan langkah yang sederhana. Untuk membuat partisi, klik kanan space yang kosong (belum dialokasikan) dan pilih Create. Untuk menghapus partisi (data akan hilang), juga bisa melalui menu klik kanan.
* Menyembunyikan partisi dan Menampikan kembali Partisi yang tersembunyi. fasilitas ini bermanfaat jika kita ingin partisi tertentu tidak ditampilkan (untuk mencegah akses pihak-pihak tertentu).
Untuk menampilkan kembali klik hardisk yang disembunyikan dan pilih Unhide.
Untuk memanfaatkanfitur ini, maka gunakan menu password di Program ( General > Set Password).
* Memformat Partisi hardisk.
Selain fitur utama tersebut, Software ini mendukung sistem operasi Windows 2000/XP/Vista/7. Bisa digunakan untuk Flashdisk, Hardisk PATA, SATA, STA II, SCSI,S-SATA Raid dan lainnya.
Software ini bisa digunakan untuk memperbaiki hardisk yang terkena bad sector (secara software, bukan rusak fisik).
Bagaimana anda berminat untuk mencoba ?
Easeus Partition Master bisa download
SEMOGA BERMANFAAT !!!!!

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan menggunakan kotak komentar ini untuk menyampaikan kritik dan saran ataupun pertanyaan anda mengenai tulisan saya.

Komentar yang Saya indikasi dapat menjurus kepada penghinaan, porno, agama, ras dan antargolongan (sara). Akan saya hapus.

Copy Paste Tulisan Saya ini di izinkan dengan syarat menyertakan link aktif ke Sumbernya.

Menghargai Hasil Pemikiran Seseorang Menyatakan Anda Sebagai Manusia Yang Memiliki Derajat Tinggi.