Minggu, 13 Oktober 2013

Backlink Web Yang Benar Versi Anak Busur

Backlink, juga dikenal sebagai Link Masuk, inbound link, inlink, dan link balik, adalah link yang masuk ke sebuah situs web atau halaman web. Dalam terminologi dasar link, backlink adalah link apapun yang diterima oleh sebuah node web (halaman web, direktori, situs web atau domain tingkat atas) dari node web lain. (wikipedia)

Sebagai salah satu trik SEO yang biasa dipakai para webmaster, lalu diambil kesimpulan bahwa Backlink diperlukan dalam meningkatkan Page Rank web oleh sobat-sobat blogger. Bahkan saya pun masih memasang widget backlink bisa dilihat disebelah kanan halaman blog ini.
Yang sering menjadi pertanyaan, sepenting apakah backlink itu ?
BACKLINK ??????????????
Menurut saya Backlink dapat berguna jika pemasangannya tepat sasaran. Banyak kesalahan para blogger (termasuk saya) yang menempatkan backlink disembarang tempat (maksudnya web/blog orang lain) tidak strategis pula posisinya salah satunya melalui kolom komentar, yang bukannya menguntungkan (menarik visitor) web milik anda sendiri, yang diuntungkan adalah web orang tersebut. Hal ini biasa dilakukan oleh blogger pemula.

Saya akan mencoba sedikit menjelaskan kronologi kejadiannya (kasus kriminal kali) dari pengalaman saya yang bukan ahli SEO bahkan kemampuan saya dalam teknik SEO masih dibawah para pemula. Penjelasannya begini sistem jelajah mbah google sangat unik dan selalu terupdate, dengan menyebarkan link anda keseluruh web papan atas dan web yang page rank nya ada di atas web anda, pada saat visitor memasukkan keyword dengan maksud menuju ke web anda otomatis yang terindeks mbah google saat pencarian adalah web mereka yang memiliki page rank tinggi (web orang yang tersemat backlink anda) sedangkan anda sangat berharap para visitor / pembaca masuk ke web tersebut lalu mengklik backlink anda. (Cara ini tidak lah salah tergantung anda memaksimalkannya)

Hanya saja anda perlu memahami yang pertama kali di klik adalah web / blog orang lain, sehingga mbah google mencatatkan kedalam memori penjelajahnya bahwa keyword yang digunakan bukan untuk menuju web anda tetapi web orang lain. Akhirnya pada pencarian selanjutnya dengan keyword yang sama mbah google akan tetap menuju ke link web orang tersebut, untung-untungan jika visitor membaca sampai ke akhir komentar lalu mengklik backlink anda. Lalu apa yang terjadi, web anda tetap menjadi ekor di nomor 2,3,4 dan seterusnya. Ini merupakan sistematis sederhana seperti hitung-hitungan 1-10 dan susunan abjad A-Z. Silahkan lihat
Contoh Bad Backlink

Setelah melihat contoh bad backlink yang saya maksud, saya yakin anda sudah paham dan mengerti.
Jika hal itu sudah terlanjur terjadi (nasi sudah menjadi ubur-ubur,,,heee) biarkan saja menjadi tabungan backlink untuk web anda. Selanjutnya anda hanya perlu memaksimalkan sumber daya yang ada untuk memperbaiki itu. Seperti yang saya sudah katakan sistem penjelajahan google sangat unik dan terupdate jadi secara bertahap web anda nantinya akan ditelusuri oleh google seiring berjalannya waktu karena usia web juga mempengaruhi mbah google dalam menelusuri keyword yang dicari visitor. Berarti anda harus bersabar menunggu, tetapi menunggu bukan kebiasaan blogger yang haus pengunjung di web / blog rancangannya. Sementara menunggu usia web anda menua ada beberapa kiat yang bisa anda lakukan.
  • Jika sekarang anda sedang menebar link hentikan aksi menebar Backlink tersebut beberapa saat (-/+selama 3 hari), biarkan web anda dalam keadaan indle backlink. Karena backlink yang kita taruh di web tetangga dengan durasi yang cepat dan banyak akan dianggap spam oleh penjelajah sehingga diabaikan. 
  • Setelah melalui langkah pertama, selanjutnya anda bebas menaruh backlink anda di web manapun dengan syarat : page rank web tersebut (web target) dibawah dari page rank anda. Mengapa begitu ? seperti yang saya katakan page rank mempengaruhi penelusuran dari pasukan robot google. Ibarat Pemilu dimana orang yang punya popularitas dia yang diutus mewakili anggota partainya (gak nyambung ya) intinya web yang page rank nya rendah dibawah anda adalah anggota partai yang secara nyata akan kalah popularitas dengan web anda. Tentu saja dengan durasi yang teratur dan terkontrol jumlahnya (misalnya 2 backlink dalam 1 hari untuk 3 hari kedepannya lagi).
  • Posisi backlink, usahakan backlink anda terpasang diposisi yang baik agar visitor tidak lepas pandangan menuju web anda.
  • Kotak komentar dapat menjadi backlink yang sempurna jika anda dapat memaksimalkannya, hal ini akan kita bahas di postingan berikutnya dengan judul Cara Membuat Komentar Berkualitas Menjadi Backlink Sempurna.
Kita akhiri dulu sampai disini, berhubung saya baru mulai menulis lagi setelah sekian lama vakum (KEMBALI DARI TIDUR PANJANG), jadi pegel-pegel nieh jari tangan.

NB : Jangan mudah percaya dengan yang anda baca, teliti lalu analisa secara cermat.
Apa yang saya tulis diatas merupakan prediksi dan pemikiran saya pribadi yang masih saya terapkan sampai sekarang, hanya kurang disiplin aja, oleh karena itu sistemnya berbeda dengan para blogger lain yang mengutamakan backlink dari web kelas atas.



SEMOGA BERMANFAAT !!!!!

1 komentar:

Silahkan menggunakan kotak komentar ini untuk menyampaikan kritik dan saran ataupun pertanyaan anda mengenai tulisan saya.

Komentar yang Saya indikasi dapat menjurus kepada penghinaan, porno, agama, ras dan antargolongan (sara). Akan saya hapus.

Copy Paste Tulisan Saya ini di izinkan dengan syarat menyertakan link aktif ke Sumbernya.

Menghargai Hasil Pemikiran Seseorang Menyatakan Anda Sebagai Manusia Yang Memiliki Derajat Tinggi.