Sabtu, 02 November 2013

Memaksimalkan, MEMPERCEPAT Kinerja dan RESPON WINDOWS 7

Kecepatan sistem windows 7 bisa di tune up
Sudah cukup lama saya tidak menulis tentang windows jadi kangen, heeee. Sebenarnya ini merupakan tulisan yang sudah banyak dibahas oleh master-master lain, tapi saya rasa perlu menulis ini agar selalu ingat dan tentunya untuk berbagi dengan sobat pecinta windows.

Memaksimalkan, MEMPERCEPAT Kinerja dan RESPON WINDOWS 7

Windows merupakan os yang paling banyak digunakan orang (user) untuk ditanamkan pada notebook, laptop atau PC miliknya. Saya sudah pernah menulis diblog ini tips mempercepat komputer dan tips mempercepat windows part 2 itu diperuntukan khusus pengguna windows xp, sekarang zamannya windows 7 sehingga tidak perlu saya lanjutkan lagi tulisan terdahulu. Dari 2 postingan tersebut masih ada yang bisa diterapkan pada os windows 7 tinggal anda sesuaikan saja.

Windows 7 sebenarnya sudah hampir menjadi os sempurna dari cara penginstalan hingga tampilan yang user frendly dan kecepatan booting pun lumayan. Tetapi terkadang seorang user yang tidak suka menunggu seperti saya selalu mencari cara memotong waktu booting dan mempercepat respon dari operating system. Merupakan alasan saya melakukan "tuneup engine" windows 7,  ada juga pendapat sebagian orang yang karena :
  • RAM kompi/pc/laptop/notebook yang dimiliki terlanjur kecil.
  • Terlalu banyak program yang terinstal dan berukuran jumbo, sehingga RAM besar pun terkadang kewalahan saat membukanya bersamaan.
MEMPERCEPAT RESPON WINDOWS 7 yang saya maksud adalah waktu yang dibutuhkan mengeksekusi sebuah program, misalnya saat windows selesai melakukan booting dan masuk pada tampilan windows 7 anda langsung menuju shortcut "computer" dan melakukan 2x klik biasanya akan terlihat cursor berputar yang menandakan sedang melakukan loading, lama waktu loading itulah yang akan kita kurangi memaksimalkan kinerja windows 7.

Anda tidak harus melakukan perubahan seperti yang akan saya jabarkan dibawah nanti, karena cukup berisiko bagi anda yang masih awan "mengobrak-abrik" isi windows heheeee,,,. Jadi jangan malu bertanya !!

Kesalahan yang anda lakukan misalnya merubah atau memodifikasi sebuah intruksi yang tidak ada dalam pembahasan kita, dapat berakibat fatal dari kurangnya respon windows 7 hingga kegagalan sistem yang mengharuskan anda melakukan perbaikan atau menuju langkah terakhir yaitu instal ulang.
Jadi, saya sarankan jangan keluar dari konteks pembahasan sehingga hal-hal yang tidak anda inginkan tidak akan terjadi.

Sebelum anda memulai bereksperimen, saya ingatkan untuk mencatat opsi default sebelum dilakukan perubahan dan membaca sampai selesai lalu kembali pada urutan teknis untuk memulai agar anda memahami benar bagian-bagian yang akan di modifikasi, aktifkan ataupun di non-aktifkan.
Sebagai catatan saya menggunakan processor Core 2 Duo, RAM 2 GB (sisa 1,7 share include VGA), Harddisk 160 GB, OS WINDOWS 7 Ultimate dalam menerapkan cara dibawah dan selama ini tidak ada masalah kompi tetap stabil dan wuuussss.

Sudah cukup basa-basinya sekarang waktunya mencari tahu cara memaksimalkan, mempercepat kinerja dan respon windows 7.
Saya akan berusaha menjelaskan setiap langkah agar terlihat logis untuk anda lakukan.
  • Setiap Windows melakukan startup pasti akan meload semua service yang ada, tentunya akan memakan sedikit waktu dan tenaga dari kompi tersebut yang membuat kinerja dari kompi tidak maksimal. Pada posisi default biasanya windows 7 mengaktifkan sejumlah service yang sebenarnya tidak diperlukan, dengan mematikan sebagian service tersebut kita mengurangi beban kerja kompi/pc atau laptop sehingga performanya dapat maksimal.
    Berikut daftar service yang aman untuk dimatikan, jika kompi/PC/laptop berdiri sendiri tanpa network atau homegroup :
    • Block Level Backup Engine Service berfungsi sebagai pembackup dan merecovery (sistem restore) pada sebuah user anda, jika anda membutuhkan fasilitas ini silahkan biarkan pada posisi default.
    • Certificate Propagation, intinya service ini untuk smart card sampai sekarang saya belum mengetahui dengan pasti fungsi smart card jadi saya non aktifkan saja.
    • Computer Browser**
    • Diagnostic Policy Service dan Error Reporting Service**, adalah dua service berfungsi untuk memecahkan masalah PC Anda dan mendeteksi masalah dalam bentuk intruksi penyelesaian masalah secara online bagi windows original, contoh pada windows xp. Jika Anda ingin menghemat sumber daya, anda dapat menonaktifkan dan mengaktifkan kembali layanan jika anda merasa perlu untuk memecahkan masalah PC Anda. Service ini berkaitan dengan service Windows Event Log (tukang catat).
    • HomeGroup Listener & HomeGroup Provider adalah dua service Windows 7 yang dapat anda nonaktifkan jika anda tidak ingin berbagi file atau printer melalui jaringan HomeGroup dengan PC Windows 7 lainnya. Fitur ini adalah layanan baru pada windows 7 yang dapat dengan aman dinonaktifkan.
    • IP Helper**
    • Distributed Link Tracking Client, Berfungsi dijaringan atau network.
    • Protected Storage, Menyediakan penyimpanan untuk melindungi data sensitif , seperti password , untuk mencegah akses yang tidak sah oleh layanan , proses , atau pengguna jika anda butuh fitur ini biarkan tetap default.
    • Portable Device Enumerator Service
    • Secondary Logon, Jika anda pengguna tunggal komputer anda silahkan matikan saja fitur ini.
    • Server**
    • Tablet PC Input Service
    • TCP/IP NetBIOS Helper Menyediakan dukungan untuk layanan NetBIOS over TCP / IP ( NetBT ) dan NetBIOS resolusi nama untuk klien pada jaringan , sehingga memungkinkan pengguna untuk berbagi file , print , dan log on ke jaringan . Jika layanan ini dihentikan , fungsi-fungsi ini mungkin tidak tersedia . Jika layanan ini dinonaktifkan, setiap layanan yang secara eksplisit bergantung padanya akan gagal untuk memulai. Intinya jika anda dalam sebuah jaringan/network.
    • Windows Image Acquisition (WIA) berfungsi untuk perolehan gambar dari scaner dan kamera khusus PC tanpa scaner dan kamera, pengguna laptop kebanyakan sudah include kamera sebaiknya tetap membiarkan service ini default.
    • Windows Media Center Service Launcher, Windows Media Center Service for TV and FM broadcast reception.
    • Windows Search**
    • Remote Registry**
    • Windows Time**
    • Windows Event Log, Sekretaris windows untuk mencatat perubahan yang terjadi, masalah pada windows dan lain sebagainya. Berkaitan dengan Diagnostic Policy Service dan Error Reporting Service. Jadi harus bersamaan di aktifkan atau di non-aktifkan, Saya tidak butuh ini.
    • Windows Security Center**, Berfungsi sebagai asistennya windows untuk mengingatkan anda bahwa antivirus anda perlu di update dan sebagainya. saya merasa tidak memerlukan pemberitahuan ini karena gak pernah pake antivirus mahal boooo....heeee.
    • Windows Search**
    • Windows Update**, Jika windows 7 anda bajakan lebih baik matikan saja jika tidak mau di cap pembajak sama microsoft.
    Anda tidak perlu mematikan semua service diatas sesuai kebutuhan saja, atau anda bisa lihat yang memiliki tanda (**) adalah service yang paling aman di non-aktifkan (lihat disini sebagai panduan). Selanjutnya anda dapat mencoba satu persatu mendisable service (tanpa tanda **) diatas, jika terjadi error kembalikan pengaturan default service terakhir yang anda rubah. Cara mematikan service windows 7 : Pada layar klik kanan shortcut "computer" => "Manage".
    Pada Tab Computer Management perhatikan sebelah kiri, klik "Service and Apllications" => "Service". Pilih salah satu deretan nama service sesuai daftar diatas klik 2x akan muncul tab baru, pada kolom "Startup Type" pilih "disable" lalu apply > OK.
    Lihat Gambar :
    Bagian service yang akan dimodifikasi

    cara mematikan service
  • Mematikan sebagian aplikasi yang ikut startup, agar semua sumber daya yang dimiliki sebuah kompi/PC tidak terbagi untuk melakukan booting windows. Caranya masuk pada RUN (windows+R) lalu ketik “msconfig” (tanpa tanda petik) kemudian tekan enter >> lalu klik tab startup >> kemudian uncheck atau hilangkan tanda centang aplikasi yang tidak diperlukan untuk dijalankan pada saat komputer melakukan startup. Klik apply lalu OK Restart komputer. Pilihlah aplikasi yang tidak penting seperti uTorrent (kecuali antivirus dan driver).
    Untuk mematikan program yang start up otomatis
  • Efek Visual
    Tampilan default Windows 7 memang terlihat cantik, tetapi sebenarnya tampilan tersebut menguras sumber daya sistem dan menurunkan responsivitas komputer. Berikut adalah opsi agar Windows 7 tetap cantik tetapi kompi/PC memiliki respon cepat.
    Klik Start > Control Panel > System > Advanced System Setting. Akan terbuka System Properties pada tab Advanced di bagian Performance, pilih Settings. Nah, hilangkan tanda centang kecuali pada opsi sebagai berikut:
    • Enable Aero Peek.
    • Enable Transparent Glass.
    • Show shadows under windows.
    • Show shadows under mouse pointer.
    • Show translucent selection rectangle.
    • Smooth edges of screen fonts.
    • Use drop shadows for icons labels on the desktop.
    • Use visual styles on windows and buttons.
    Kemudian pilih Apply, lalu klik OK. Kalau masih kurang, hilangkan semua centang kecuali di bagian “Use visual styles on windows and buttons, Enable Aero Peek, Enable Transparent Glass dan Smooth edges of screen fonts”. Tetapi kalau Anda tidak butuh cantik dan hanya ingin yang secepat kilat (walah berlebihan,,hehee), pilih saja opsi Adjust for best performance atau hapus semua centang yang ada tinggal anda sesuaikan saja.
    Bagian untuk memodifikasi tampilan windows 7
  •  
Keburu sudah larut malam cukup sampai disini dulu kita sambung lagi besok ya, dengan judul berbeda tetapi tujuan yang sama.
Memaksimalkan, MEMPERCEPAT Kinerja dan RESPON WINDOWS 7
Terima kasih sudah mampir dan membaca postingan saya kali ini, jika anda suka dengan tulisan saya temukan anak busur di facebook untuk dapat update terbaru.

Lanjutan silahkan lihat : (Pandangan Berbeda Tentang File Prefetch)




SEMOGA BERMANFAAT !!!!!

3 komentar:

  1. Wah thanks.. sharenya.. sungguh bermanfaat.
    berikut saya share tutorial berupa video belajar website dan desain.
    Kursus Komputer di Denpasar

    Kursus Privat Komputer di Denpasar Bali

    BalasHapus
  2. Nice Post Bermanfaat semoga lain kali juga bermanfaat Jangan Lupa Kunjungi
    http://rentallaptopdimalang.blogspot.com/

    BalasHapus

Silahkan menggunakan kotak komentar ini untuk menyampaikan kritik dan saran ataupun pertanyaan anda mengenai tulisan saya.

Komentar yang Saya indikasi dapat menjurus kepada penghinaan, porno, agama, ras dan antargolongan (sara). Akan saya hapus.

Copy Paste Tulisan Saya ini di izinkan dengan syarat menyertakan link aktif ke Sumbernya.

Menghargai Hasil Pemikiran Seseorang Menyatakan Anda Sebagai Manusia Yang Memiliki Derajat Tinggi.